bab 5 informatika kelas 8





  • Jaringan Komputer, merupakan dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software.
  • Untuk membedakan perangkat komputer, digunakan alamat IP yang dibagi menjadi 2 jenis yaitu jaringan lokal dan internet. Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer didalam wilayah yang terbatas seperti perumahan dan sekolah.
  • Internet merupakan singkatan dari Inter-Network, jaringan yang memiliki jangkauan yang leibh luas. Internet dapat mencakup area sebuah negara dan menghubungkanya ke perangkat di seluruh dunia. Sekarang, kita dapat menggunakan ponsel sebagai alat sehari-hari untuk menggunakani internet.
  • Ada 2 komponen utama dalam jaringan komputer, yaitu node dan link. Node adalah perangkat yang menghasilkan input data atau menerima data dalam jaringan, contohnya seperti komputer dan handphone. Link adalah jalur transmisi data antar node, yang berupa hubungan antara node yang satu dan node lainya.
  • Routing adalah mekanisme pengiriman perangkat ke perangkat lainya, proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah data antar dua perangkat.
  • Komunikasi data merupakan sebuah mekanisme pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat ke perangkat lain. Ketika kita menggunakan ponsel, baik untuk keperluan mengirim pesan atau SMS (short message system), panggilan suara, koneksi internet, maupun mentransfer dokumen, ada mekanisme komunikasi data yang terjadi antara ponsel pengirim dan ponsel penerima. 
  • Adapun cara untuk tetap aman dalam pengunaan internet, dengan memblokir situs-situs yang berpotensi memiliki virus yang berbahaya bagi komputer, dan clear browsing history.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika - Rakha Wijayanto 28 7A

Alasan Masuk Labschool

Latihan BAB 4 Informatika